Manfaat Sarapan

Sarapan seringkali di sepelekan, padahal banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari sarapan. Sarapan atau makan pagi penting untuk dilakukan. Alasannya karena saat tidur selama kurang lebih 8 jam tubuh kita tidak ada makanan yang masuk dalam tubuh sedangkan aktivitas seperti bernafas, bergerak atau aktivitas ringan lainnya tetap berjalan. Sedangkan pagi harinya aktivitas  fisik  harus mulai berjalan kembali, seperti berangkat sekolah, berpikir, diperlukan konsentrasi agar dapat melakukannya dengan baik. Semua ini memerlukan adanya energi dan energi didapatkan dari makanan.
Dengan menyantap makanan yang baik akan membuat tubuh akan merasa kenyang dan akan memberikan tenaga untuk melakukan aktivitas. Sarapan yang sehat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.
       Banyak alasan bagi mereka untuk tidak melakukan sarapan, diantaranya :
·         Diburu waktu, agar tidak terlambat sampai di Sekolah, kantor dll. Jika memang takut terlambat, hal yang benar adalah bangun lebih pagi. Selain menjadikan kita lebih disiplin, juga agar kita bisa sarapan tanpa terburu-buru.
·         Tidak terbiasa, merasa mual atau sakit perut bila makan di pagi hari. Sebenarnya ini bisa diatasi dengan tidak langsung sarapan setelah bangun tidur tetapi berikan jeda waktu antara 1-2 jam setelah bangun baru sarapan. Juga dengan tidak langsung menghabiskan makanan sekaligus, tetapi harus dibagi-bagi.
·         Bosan atau tidak nafsu untuk menyantap sarapan. Solusinya adalah dengan membuat menu sarapan bervariasi. Mungkin ini cukup sulit, tapi tak ada salahnya untuk dicoba.

Menu Sarapan
Banyaknya kalori yang sebaiknya masuk dalam tubuh kita waktu sarapan adalah sebanyak 300-400 kalori. Makanan yang dianjurkan untuk sarapan adalah menu yang cukup gizinya, menu yang sesuai dengan “Empat Sehat Lima Sempurna”, yang 3 diantaranya adalah terdiri dari karbohidrat, protein, susu atau sereal.
Untuk menghindari penyakit akibat makanan yang kotor, upayakan untuk memilih mengkonsumsi makanan yang sehat yang mengandung kandungan gizi yang cukup. Pilih makanan dalam kemasan yang tertutup agar dapat dipastikan makanan tersebut higienis.
Upayakan juga untuk menghindari makanan yang kurang sehat atau yang berminyak di menu sarapan yang dibeli..
Banyak sekali manfaat dari sarapan. Jadi sarapan harus dibiasakan dari sekarang. Sarapan akan memberikan energi bagi kita untuk mengikuti kegiatan sekolah yang padat, membantunya berkonsentrasi dan memahami pelajaran yang diberikan.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment