Kerusakan Lingkungan Hidup

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan kita baik itu makhluk hidup ataupun berupa benda. Salah satunya manusia.
Manusia merupakan komponen lingkungan alam yang bersama-sama dengan komponen alam lainnya, hidup bersama dan mengelola lingkungan dunia. Karena manusia adalah makhluk yang memiliki akal dan pikiran, peranannya dalam mengelola lingkungan sangat besar.
          Akan tetapi dengan perkembangan zaman dan teknologi yang sekarang ini manusia kadang kala tidak sadar akan lingkungannya. Dimulai dari hal kecil seperti membuang sampah sembarangan seringkali kita melihat orang yang membuang sampah sembarangan padahal tempat sampah pun sudah tersedia. Dari hal terkecil tersebut akan membawa bencana besar. Misalnya semakin orang yang membuang sampah sembarangan maka semakin banyak sampah yang berserakan dimana-mana sehingga menimbulkan lingkungan yang tidak bersih dan lingkungan yang tidak bersih itu pun akan bisa merangsang penyakit untuk menyerang lingkungan tersebut. Contoh ke dua misalnya semakin banyak atau semakin sering orang membuang sampah sembarangan di Sungai maka, lama-kelamaan sampah itu akan menumpuk di Sungai dan dapat menimbulkan bencana yaitu banjir.
          Mungkin tidak disadari bahwa selama ini kita telah melakukan pelanggaran-pelanggaran terhadap aturan alam yang berlaku, seperti membuang sampah sembarangan dan pelanggaran-pelanggaran lainnya. Pelanggaran-pelanggaran tersebut yang akhirnya menjadikan alam kita murka yang ditunjukkan dalam bentuk bencana alam. Kita tentunya tidak ingin bencana alam datang lagi kepada kita. Maka dari itu mulailah kita sadar akan lingkungan. Bahwa yang dilingkungan kita ini bukan hanya manusia dan sadar bahwa apa yang kita lakukan mempunyai dampak akan lingkungan kita.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment